Kamis, 26 April 2012

Pembedaan roh..(discernment of spirit)

  Saat ini banyak sekali para hamba Tuhan merasa mempunyai karunia kenabian, bisa mendengarkan suara Tuhan.. tapi benarkah??  banyak sekali penyesatan - penyesatan muncul pada akhir - akhir ini. bagaimanakah cara untuk membedakan antara Roh Kudus dan roh lain...
1.pengujian dengan cara klasik yaitu dari buah - buah rohnya kita bisa tahu (Galatia 5:22-23) yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

 2. (1 kor 12:3 dan 1 yoh 4:1-3) kita harus menguji roh tersebut... jika dalam keadaan doa dan seorang teman kita menyuarakan suara Tuhan... kita bisa mengujinya dengan bertanya siapakah Engkau? (dengan bertanya dalam hati).. jika itu memang berasal dari Tuhan.. Roh Kudus yang ada didalam hati teman kita tadi akan menjawab dengan otomatis.. dengan memperkenalkan diri sebagai Yesus lengkap dengan gelarNya.. misalnya : Akulah Tuhan Yesus atau Yesus kristus.. kalau cuma memperkenalkan diri sebagai Yesus saja.. ini sangat dipertanyakan... kita harus tanya terus siapakah engkau kalau memang terus menjawab yesus saja tanpa gelarnya... itu berarti bukan berasal dari Tuhan Yesus atau Roh Kudus. Pengujian dengan cara ini sangat diperlukan dalam mendengarkan suara hati (yaitu suara Roh Kudus yang tinggal dalam hati kita tetapi bisa didengarkan ditelinga kita)

3. pengujian juga bisa dengan membaca alkitab.. apakah yang disuarakan atau yang dinubuatkan sesuai dengan alkitab atau tidak....kita sebagai umat harus kritis.. jangan sampai kita disesatkan dengan berbagai macam angin pengajaran (Ef 4:14).  dan Roh Allah itu tidak akan menimbulkan perpecahan dalam umat, ketakutan dll.

4. kalau kita memang mempunyai Roh Kudus dalam hati kita.. dan kita selalu mendekatkan diri dengan Tuhan dan Roh Kudus, kita pasti tau..  apakah itu Roh kudus atau bukan.

Berhati - hatilah.. terutama bagi kita yang aliran pentakosta.. jangan sampai karunia - karunia kita.. disalahgunakan oleh iblis.... ujilah!!!


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar